May 10, 2021

Techgeniux.com

Seputar Info Tekno Terupadate

Ini Rahasianya! Tetap Fit Saat Puasa di Tengah Pandemi

Saat menjalankan ibadah puasa, terjadi perubahan pola makan, pola tidur serta aktivitas harian yang membuat tubuh perlu melakukan penyesuaian. Maka dari itu, adalah wajar jika di awal awal puasa, kamu kerap merasa lemas dan mengantuk. Nah, agar tetap bugar dan sehat saat berpuasa, terlebih di tengah masa pandemi, berikut beberapa tips yang tak boleh dilewatkan. Terutama jika kamu masih harus tetap giat beraktivitas selama berpuasa.

Skip sahur? Hati hati, kamu bisa loyo seharian, lho! Pasalnya, makanan yang dikonsumsi saat sahur memberi energi serta nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas hingga waktu berbuka. Mengutip Klikdokter, puasa tanpa sahur akan menyebabkan tubuh kehilangan glukosa dan memicu kondisi hipoglikemia (gula darah rendah) saat menjelang berbuka puasa. Kondisi hipoglikemia ditandai dengan rasa lemas, pusing, hingga rasa ingin pingsan. Selain itu, memastikan mengonsumsi makanan yang padat bergizi saat sahur juga dapat menghindari diri dari makan berlebihan ketika waktu berbuka.

Saat berpuasa kamu tetap disarankan untuk beraktivitas fisik minimal 30 menit agar akan tubuh lebih bugar dan nggak mudah sakit. Melansir Kompas, dr. Saptawati Bardosono menyarankan olahraga sebaiknya dilakukan 30 60 menit menjelang waktu berbuka agar bisa langsung mengganti energi sekaligus cairan yang hilang, sehingga kamu tidak akan mengalami dehidrasi dan lemas berlebihan. Selain itu, pilih juga aktivitas fisik yang tak terlalu berat, misalnya jogging , bersepeda santai, yoga, pilates, dan lain lain. Hal terpenting adalah selalu ‘pahami batas tubuhmu, sebab olahraga berlebihan juga bisa bikin tubuhmu nge drop .

Ketika berpuasa, tubuh tak menerima asupan cairan selama kurang lebih 14 jam, sehingga rentan membuat tubuh kekurangan cairan. Untuk itu, agar tetap terhidrasi dengan baik minumlah air yang cukup minimal 8 gelas sehari. Kementerian Kesehatan RI menyarankan jadwal minum air putih saat berpuasa, yaitu selepas bangun sahur, setelah makan sahur, saat berbuka puasa, selepas salat maghrib, selepas makan malam, selepas salat isya, selepas salat tarawih, dan sebelum tidur, masing masing 1 gelas, atau total keseluruhan 2 liter per hari. Hindari pula mengonsumsi minuman yang mengandung kafein karena justru akan membuatmu kehilangan cairan.

Makanan yang kaya serat seperti buah, sayuran, dan biji bijian sangat baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama puasa. Makanan tinggi serat juga bisa membantu kamu untuk merasa kenyang lebih lama sehingga tak mudah lapar selama berpuasa. Tak hanya makanan berat, camilan pilihanmu juga sebaiknya mengandung serat yang tinggi seperti . Camilan sehat yang bebas kolesterol (0mg/saji) dan bebas lemak trans ini sangat cocok untuk dikonsumsi ketika sahur ataupun saat berbuka puasa. Terbuat dari multigrain yang bermanfaat sebagai sumber serat, mengandung Australian Oats , corn flakes dan rice crispy yang kaya akan nutrisi penting seperti vitamin A, B12, C, serat, dan kalsium yang tinggi.

Serat tinggi dalam juga dapat membantu melancarkan pencernaan selama berpuasa. Selain itu, kandungannya yang bebas kolesterol juga baik untuk jantung. Hadir dalam berbagai pilihan varian yang nikmat, yaitu nuts , chocolate , fruits , dan tiramisu. Supaya kamu tambah semangat berpuasa, akan bagi bagi hadiah dengan total Rp1,5 juta untuk kamu yang bisa menjawab kuis dengan benar pada banner yang terdapat dalam tulisan ini dan melengkapi persyaratan berikut.

1. Peserta yang mengikuti kuis ini merupakan Warga Negara Indonesia. 2. Wajib Follow Akun Instagram dan . 3. Peserta yang mengikuti kuis ini harus mengisi pertanyaan kuis dan data diri dengan lengkap.

Sstt.. pastikan kamu membaca artikel ini sampai habis agar bisa menjawab pertanyaan dengan benar dan membawa pulang hadiahnya! Jangan lupa, agar selalu fit saat berpuasa, konsumsi sebagai pilihan camilan sehat kaya serat dan kebaikan multigrain , ya! Selamat menjalankan ibadah puasa!