May 6, 2021

Techgeniux.com

Seputar Info Tekno Terupadate

Besok Presiden AS Joe Biden Sampaikan Pidato Kebijakan Luar Negeri Pertama

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan memberikan pidato yang mempresentasikan rencana kebijakan luar negeri perdana pada Senin (1/2/2021) besok. Ini merupakan pidato pertama sejak pelantikannya sebagai Presiden ke 4 AS. Pada hari Jumat lalu, Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan bahwa Biden akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di Departemen Luar Negeri pada hari Senin.

Biden diharapkan menjelaskan secara rinci terkait kebijakan luar negeri yang bertujuan untuk mengembalikan 'wajah' Amerika di mata dunia, dalam pidatonya di Departemen tersebut. Dikutip dari laman Sputnik New s, Minggu (31/1/2021), seorang pejabat senior pemerintah juga mengatakan, Biden diharapkan pula menandatangani beberapa perintah eksekutif terkait 'upayanya untuk menunjukkan pendekatan baru AS di panggung dunia'. Termasuk pembentukan satuan tugas (satgas) untuk menyatukan kembali keluarga migran.

Awal pekan ini, Biden melakukan percakapan telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Juru bicara Gedung Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, dalam pembicaraan itu, kedua pemimpin ini setuju untuk memperpanjang perjanjian New START. Kendati demikian, Peskov menilai masih terlalu dini untuk membahas mengenai 'penyetelan ulang' hubungan antara AS Rusia.